Jadi Core Front-End di Mamikos. Kerjaannya ngapain?

22 Nov 2020

Jadi Core Front-End di Mamikos. Kerjaannya ngapain?

Table Of Contents

Preface

Di Mamikos, saya bergabung di tim Core Front-End atau biasa disingkat Core FE, yang mana saya gak tau kalau bakal masuk tim ini ketika apply di Mamikos. Kebetulan juga tim Core ini belum lama terbentuk sebelum saya masuk, jadi bisa dibilang tim Core ini memang baru di Mamikos. Kawan saya, Giga Prakosa Hikmata, Engineering Manager di Mamikos adalah salah satu orang yang punya ide untuk membuat tim ini.

Lalu apa kerjaan Core Front-End Engineer dan apa bedanya dengan Front-End Engineer lain di Mamikos?

Sebagi informasi, Mamikos memiliki beberapa tim (yang disebut squad) di dalamnya, yang mana tiap squad diciptakan untuk mengurus lingkup tertentu saja dan mengembangkan fitur-fitur untuk mendukung bisnis, seperti fitur booking, listing kos, halaman owner kos, dll.

Biasanya, tiap-tiap squad kurang lebih terdiri dari Project Manager, Back-End Engineer, Front-End Engineer, UI Designer, dan Quality Assurance di dalamnya.

Memecah tim menjadi beberapa squad sebenarnya cukup efektif karena tiap squad jadi lebih fokus di satu lingkup saja sehingga hasilnya jadi lebih maksimal.

Karena sudah dipecah menjadi beberapa squad dan tiap squad mengerjakan fitur-fitur untuk mendukung bisnis di lingkup tertentu, memaksakan anggota tiap squad mengurusi hal-hal yang gak berhubungan dengan yang gak mendukung bisnis secara langsung dan diluar lingkup squad otomatis akan memberatkan mereka. Karenanya, tim Core FE diciptakan untuk mengurusi hal-hal tersebut.

Berikut ini adalah apa saja yang saya maksud dengan “hal-hal diluar lingkup squad” yang dikerjakan oleh tim Core FE di Mamikos :

Web Audit Improvement

Salah satu pekerjaan Core FE adalah melakukan improvement terhadap performance website Mamikos. Kami biasa mengukur performance website Mamikos menggunakan Lighthouse dari Google. Target kami adalah meningkatkan skor di Lighthouse dan semua hal yang berhubungan dengan performance dan user experience.

Error Monitoring & Inspection

Di Mamikos, selain menggunakan analytics dan event tracker untuk menganalisis tingkah laku pengguna. Tiap aplikasi yang ada juga dipasang suatu tool untuk melaporkan tiap ada error yang terjadi saat aplikasi dipakai pengguna.

Core FE di sini bertugas untuk membaca semua error yang telah dilaporkan oleh tool tersebut di sisi Front-End, dan kemudian memprosesnya. Cara kami memprosesnya adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu bagai mana error tersebut bisa terjadi (reproduce error), dan lalu memperbaikinya.

Dengan adanya kegiatan error monitoring seperti ini, kami bisa meningkatkan platform Mamikos menjadi jauh lebih stabil.

Membangun Design System

Di pertengahan tahun 2020, kami memutuskan untuk membangun sebuah Design System sendiri, dengan harapan kami bisa punya single source of truth untuk tiap komponen, UI yang lebih konsisten, dan mengurangi membuat komponen yang sama berulang-ulang. Nah, tim yang bertanggung jawab untuk mengembangkan design system untuk web adalah tim Core FE.

Apa saja dan bagaimana proses kami membangun design system Mamikos dari perspektif Front-End Engineer bisa di baca di artikel Cerita Proses Membangun Design System di Mamikos

Front-End Ops

Front-End Ops adalah sebutan untuk kegiatan yang kami lakukan yang bertujuan untuk membantu teman-teman di dalam squad. Kegiatannya sendiri kurang lebih di pecah menjadi (dan tidak terbatas) ke beberapa poin berikut:

Squad Helper

Di beberapa momen, kerap kali beban pekerjaan teman-teman FE di sebuah squad bisa sangat tinggi sehingga ada beberapa task yang gak bisa dikerjakan dengan cepat padahal darurat. Nah, Core FE disini bertugas membantu mereka mengerjakan task darurat tersebut.

Research

Core FE juga melakukan research terhadap beberapa topik tertentu, research yang kami lakukan sangat bervariasi dan luas. Biasanya topik yang akan di research kami diskusikan dulu apakah topik tersebut layak dan menarik untuk di research atau tidak.

Sebagai contoh, salah satu research yang kami lakukan adalah design system yang saya bahas di atas. Sebelum kami mulai membangun design system, kami melakukan research tentang bagaimana struktur kode yang akan dibangun, teknologi apa yang dipakai, apa principle yang kami pakai, dll.

Contoh lain, beberapa waktu lalu VueJS versi 3 telah rilis. Karena Mamikos menggunakan VueJS versi 2, maka kami tidak bisa seenaknya upgrade versi 3. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum upgrade ke versi terbaru.

Karenanya, harus dilakukan research terlebih dahulu, apakah VueJS 3 aman dipakai di aplikasi kami yang telah berjalan? apakah learning curve-nya tinggi? apa saja yang harus disiapkan sebelum upgrade ke VueJS 3, dll.

Membuat Guideline

Guideline/Panduan disini biasanya berbentuk dokumen atau disebut juga Wiki. Kebanyakan, panduan yang kami buat berhubungan dengan hasil research yang telah kami lakukan. Contohnya, beberapa waktu lalu saya melakukan research tentang principle untuk menulis deskripsi pull request yang lebih baik. Setelah selesai melakukan research, saya membuat panduan yang akan dibaca teman-teman di squad untuk diikuti.

Front-End Engineer Monthly Meetup Organizer

Oh ya, di Mamikos, kami rutin mengadakan meetup yang diikuti semua Front-End engineer setiap bulannya. Acaranya biasa terdiri dari tech talk, update squad, dan hiburan. Tentu acara ini gak bisa berjalan begitu saja, dan pastinya harus ada yang mengaturnya bukan?

Nah, Core FE di sini juga bertugas untuk menjadi organizer dari meetup bulanan ini. Biasanya kami menyusun acara, menyiapkan slide, dan juga memikirkan ide baru yang akan dilakukan di meetup bulanan ini.

Penutup

Selain yang saya sebutkan di atas, lingkup yang dikerjakan tim Core FE terus berkembang seiring berjalannya waktu dan kebutuhan.

Bergabung di tim Core merupakan pengalaman yang luar biasa dan sangat baru bagi saya pribadi, karena tiap anggota yang berada di tim tersebut dituntut untuk selalu belajar hal baru. Apakah di perusahaanmu bekerja sekarang memiliki tim Core atau tim yang serupa seperti di Mamikos? Kalau iya dan boleh, kamu bisa sharing/menceritakan pengalamanmu di kolom komentar di bawah 😁

Terimakasih 👋


Bagikan:  
   

Ditulis oleh Tri Hargianto, Developer yang sekarang sedang tinggal dan bekerja di Yogyakarta, Indonesia

Komentar
© 2021