Menambah fitur komentar di web saya

31 Oct 2020

Menambah fitur komentar di web saya

Sebenarnya saya gak berpikiran menambahkan fitur komentar di web ini ketika web ini pertama kali dibuat, tapi setelah dipikir-pikir ya gak ada salahnya kalau ada fitur komentarnya, hehe. Setelah menimang-nimang antara bikin fiturnya sendiri atau pakai third-party service seperti Facebook comment dan Disqus, saya akhirnya memutuskan memakai library bernama Utterances.

Utterances adalah sebuah library yang memungkinkan kita menambahkan fitur komentar di web dengan memanfaatkan Github issue.

Cara kerjanya, Utterances bakal bikin issue di Github secara otomatis tiap kali ada yang ngasih komentar di suatu artikel. Judul issue-nya sendiri nanti bakal di ambil dari URL web.

Oh ya, buat nampung semua issue yang di generate Utterances, saya membuat satu repository kosongan bernama comments. Dengan begini, repository website ini bisa lebih bersih.

Menurut saya ini library yang keren banget. Thanks buat Jeremy Danyow yang bikin library nya, hehe.

Dengan begini, siapapun yang mau komentar, otomatis harus punya akun Github. Ya walaupun ini jadi menutup kesempatan orang yang gak punya akun Github buat ngasih komentar, saya rasa gak papa karena memang kebanyakan tulisan saya di sini memang seputar teknis dan saya berasumsi setiap developer pastinya punya akun Github.


Bagikan:  
   

Ditulis oleh Tri Hargianto, Developer yang sekarang sedang tinggal dan bekerja di Yogyakarta, Indonesia

Komentar
© 2021